Tugas ke 3
Banyak
orang menganggap bahwa promosi dan pemasaran mempunyai pengertian yang sama,
dimana sebenarnya promosi hanya merupakan salah satu bagian dari kegiatan
prasaran. Walaupun promosi sering dihubungkan dengan penjualan tetapi
kenyataannya promosi mempunyai arti yang lebih luas dari penjualan karena
penjualan hanya berhubungan dengan pertukaran hak milik yang dilakukan oleh
tenaga penjual, sedangkan promosi adalah setiap aktivitas yang ditujukan untuk
memberitahukan , membujuk atau mempengaruhi konsumen untuk tetap menggunakan
produk yang dihasilkan perusahaan tersebut.
Promosi meliputi semua alat-slat dalam kombinasi pemasaran yang peranan
utamanya adalah untuk mengadakan komunikasi yang sifatnya membujuk promosi
merupakan suatu proses komunikasi dari penyampaian amanat atau berita tentang
produk/barang atau jasa dari penjual kepada para pembeli potensial (konsumen).
Promosi mencakup penjualan oleh perseorangan, penjualan massal dan promosi
penjualan. Pada prateknya walaupun pelaksanaan promosi ini umumnya
dilakukan oleh para penjual / produsen, pihak pembeli atau calon pembeli
kadang-kadang ada kalanya secara sadar atau tidak sadar juga telah melakukan
promosi, misalnya bila mereka menginginkan suatu informasi/keterangan mengenai
harga, kwalitas dan sebagainya dari pihak penjualan. Contohnya dalam keadaan
kehidupan sehari-hari ada kalanya pada saat berbincang-bincang orang
menyinggung produk atau juga tertentu, umumnya mengatakan keinginannya membeli
rumah atau mengatakan bahwa besok malam film di Juwita sangat bagus, maka dalam
hal ini orang tersebut telah melaksanakan kegiatan-kegiatan promosi. Tujuan
promosi merupakan dasar dalam membuat keseluruhan program promosi yang akan
dijalankan oleh perusahaan dalam rangka mencapai apa yang diinginkannya.
Pemasaran adalah suatu proses social yang didalamnya individu dan
kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan
menciptakan,menawarkan,dan secara bebas mempetukarkan produk yang bernilai
dengan pihak yang lain.
Etika adalah suatu cabang dari
filosofi yang berkaitan dengan kebaikan atau moralitas dari perilaku manusia.
Perusahaan tentunya berusaha sebaik mungkin agar produknya laku
terjual.berbagai cara dapat dilakukan untuk memasarkan produk perusahaan.
Diantaranya melalui promosi diberbagai media baik cetak maupun elektronik,
membuat event atau acara tertentu,membuat jalur distribusi yang baik.
Pemasaran produk yang dilakukan perusahaan tidak hanya memikirkan bagaimana
caranya agar produk perusahaan dapat habis terjual namun juga
menciptakan,menumbuhkan,dan menjaga pelanggan/konsumen. Oleh karena
itu,dibutuhkan etika bisnis dalam memasarkan produk untuk mencegah praktik-praktik
pemasaran yang tidak etis yang ujungnya menimbulkan persaingan yang tidak sehat
dan mencelakakan konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar